Home » Tips & Trick » Cara Mengatasi Black Screen Remix OS

Cara Mengatasi Black Screen Remix OS

Sebelumnya saya pernah memposting “Cara Dual Boot Remix OS dengan Windows di Hard Disk PC“. Nah, sekarang saya akan memberi solusi “Cara Mengatasi Black Screen Remix OS”. Beberapa diantara sobat mungkin tidak mengalami black screen ini. Tetapi bagi sobat yang memiliki dual VGA bisa jadi akan mengalami hal ini.

Black Screen Remix OS pernah saya alami ketika memasang Remix OS versi beta 2.0. Karena laptop Lenovo saya terpasang dual VGA, yakni VGA dari Processor(Intel) dan VGA AMD. Black Screen ini muncul setelah tulisan command prompt A N D R O I D#root blablabla dan sebelum munculnya logo booting Android x86 (Remix OS). Saya sempat bingung lantaran cara-cara yang ada di forum-forum luar tidak berhasil menghilangkan black screen ini. Mulai dari install ulang Remix OS, menonaktifkan VGA AMD via Windows, hingga mengubah perintah-perintah GRUB Remix OS. Semua cara sudah saya lakukan, namun sama sekali black screen tak kunjung hilang.

Menurut beberapa user, black screen ini terjadi karena laptop terpasang dual VGA. Dari jawaban user inilah saya melihat-lihat settingan BIOS, mungkin saja ada pengaturan untuk memilih VGA. Ternyata benar, di dalam BIOS ada pilihan UMA Only atau Discrete. Pada saat itu saya tidak tahu apa bedanya antara kedua pilihan ini. Namun disebelah pilihan ini tertulis, “Discrete” akan mengaktifkan VGA dari processor dan VGA eksternal (AMD/NVIDIA) sedangkan “UMA Only” akan memakai kinerja VGA CPU (Processor). CMIIW. Jadi bagi pengguna Windows 8/10 lebih disarankan memilih Discrete daripada UMA Only, karena UMA Only akan memberatkan kinerja CPU (CMIIW). Namun untuk menghindari black screen Remix OS, sobat coba memilih UMA Only. Untuk lebih mudah memahaminya, sobat lihat caranya dibawah!

 

Cara Mengatasi :

  1. Shutdown PC kamu,
  2. Nyalakan PC kamu lalu masuk ke BIOS (dengan menekan tombol F2 sebelum booting windows),
    *key masuk BIOS (F2) setiap laptop bisa saja berbeda.
  3. Setelah masuk ke BIOS, cari tab menu “Configuration”,
    *kemungkinan BIOS lain juga berbeda letak menunya.
  4. Lalu cari “Graphic Device Setting”, dan ganti Discrete menjadi UMA Only,
    *tekan enter untuk menggantinya.Cara Mengatasi Black Screen Remix OS bios
  5. Setelah itu pilih tab menu Exit lalu pilih Save Changes and Exit, dan pilih OK. Maka laptop kamu akan reboot dengan sendirinya.
  6. Nah sekarang coba sobat masuk ke Remix OS!cara mengatasi black screen remix os
    cara mengatasi black screen remix os boot screen

 

Bagaimana? Masih terjadi black screen atau tidak? Apabila masih terjadi, coba sobat tinggalkan komentar di bawah. Mungkin saja saya bisa membantu, atau pengunjung lain bisa membantu. Jangan lupa ketika akan memakai OS Windows, ganti UMA Only ke Discrete. Sekian post tentang “Cara Mengatasi Black Screen Remix OS”. Baca juga Cara Dual Boot Remix OS dengan Windows di Hard Disk PC dan Cara Install Play Store di Remix OS PC Terbaru.

 

Semoga Bermanfaat 🙂

keyword : cara mengatasi black screen remix os, how to resolve black screen remix os, menghilangkan black screen remix os terbaru, cara jitu, bagaimana, gimana sih cara menghilangkan black screen remix os, black screen after all text comes, black screen on setup wizard remix os, black screen remix os on uefi/legacy.

About Ananta Dwi Prasetya Purna Yuda

Blogger muda asal Surabaya yang ingin berbagi terhadap sesama.
  • MPC Channel

    gan gua make laptop dell inspiron n4050 , gmna ganti graphic device setting nya
    , penyakit ny sama gan blank juga