Cara Membuat Android Multi User

Multi User di Android, benarkah? Apa bisa? Terus aplikasi setiap user berbeda gak? Bagaimana dengan datanya? Ya, tidak hanya Windows, Linux, Mac OS, dan OS PC lainnya yang bisa multi user. Tetapi kini Android pun juga bisa multi user. Multi User di Android sama halnya seperti multi user di OS PC. Setiap user memiliki profil tersendiri. Hal ini sangat menguntungkan bagi sobat yang tidak ingin data-data yang bersifat pribadi dibuka atau bahkan dikacaukan orang lain (seperti data game, data aplikasi facebook, dsb). Tetapi untuk data-data yang disimpan di SDCard atau memori internal, tetap saja dapat dibuka.
Nah bagaimana cara melakukannya? Caranya cukup mudah tetapi syarat utama smartphone Android sobat harus diroot terlebih dahulu. Saya kira sobat semua sudah tau cara root HH sobat sendiri. Oke lanjut saja kita ke bahan yang diperlukan.

Apa yang dibutuhkan?

  1. Smartphone/HH telah diroot.
  2. SwitchMe, bisa didownload di sini atau di playstore.
Setelah bahan disiapkan, lanjut ke langkah pembuatan user.
Bagaimana caranya membuat usernya?
  1. Install SwitchMe (saran : jangan install di SDCard) terlebih dahulu.
  2. Buka SwitchMe, lalu izinkan “Root Permission Request”.
  3. Buka SwitchMe, lalu buat profil (user) utama terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, pilih “Create profile…” atau pilih simbol + dipojok kanan atas, setelah itu isikan nama profil kamu, terakhir klik “OK”. (User utama akan menyimpan semua data utama, akan menampilkan profil sobat saat ini)
  4. Setelah profil (user) utama dibuat, sekarang waktunya sobat membuat profil kedua (user lain, seperti guest). Caranya sama seperti membuat profil (user) utama.
Lalu bagaimana cara mengganti user?
  1. Pilih user yang akan sobat gunakan. (Saat ini user yang aktif adalah user utama sobat)
  2. Setelah dipilih, klik tombol “Switch” lalu smartphone sobat reboot (restart) dengan sendirinya.
  3. Proses pertama pergantian user membutuhkan waktu yang lama, jadi saya harap sobat bersabar. Hehe… Tetapi untuk proses selanjutnya, tidak butuh waktu lama (tergantung banyaknya autostart aplikasi sobat).
  4. Setelah booting selesai, kini nikmati profil baru sobat. (profil baru sama seperti saat kita pertama kali memakai smartphone kita).
*Notes : Agar bisa mengamankan user profil, sobat dapat mengatur password di user sobat. Syaratnya sobat harus membeli kunci aplikasi SwitchMe di playstore. Dan untuk yang versi gratis hanya bisa membuat dua profil (user) saja. 
Nah untuk kembali ke user utama, caranya sama seperti mengganti user. Jadi sangat bermanfaat bukan? Ada 2 user dalam Android kita. Tetapi harap ingat, Memori yang dipakai user satu dengan user lainnya sama. Jadi harap diperhatikan juga pemakaian memorinya 😀
Mungkin sampai sini saja tutorialnya, kalau sobat masih belum paham silahkan berkomentar di bawah.
SEMOGA BERMANFAAT 😀
 
 
Keywords : cara pasang multi user di android, dua user atau lebih dalam satu android, cara pasang dua aplikasi yang sama dalam satu android, multi pengguna dalam satu android, 2 pengguna atau user di android, cara mudah multi user android.

Ananta Dwi Prasetya Purna Yuda

Blogger muda asal Surabaya yang ingin berbagi terhadap sesama.